RPP SAINS SD KELAS VI (ERLANGGA)

Mata Pelajaran              : SAINS

Materi Pokok                 : Ciri-ciri khusus makhluk hidup

Pertemuan / waktu         : Pertama  / 2 x 30 menit

Metode                         : Ceramah

  1. Kompetensi Dasar

1.1  Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek) dan lingkungan hidupnya

  1. Indikator
  • Mencari contoh hewan yang memiliki ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya: kelelawar dan cicak
  • Mendeskripsikan cirri khusus hewan yang ada di sekitarnya, misalnya kelelawar mempunyai alat pendeteksi benda-benda di sekitarnya (sonar)

 

  1. Materi Essensial

Ciri-ciri khusus beberapa jenis hewan. Hlm.2

  1. Media Belajar
  • Buku  SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI
  • Buku atau majalah

 

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
 

  1. Pendahuluan
  • Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan

 

 

(5 menit)

 

  1. Kegiatan Inti
  • Memahami peta konsep tentang makhluk hidup
  • Mempelajari alat pendeteksi benda pada kelelawar (ekolokasi)

-   Memancarkan bunyi dari mulutnya,

-   bunyi tersebut akan dipantulkan oleh benda disekitarnya,

-   selanjutnya kelelawar dapat memperkirakan jarak benda tersebut dari bunyi yang kembali padanya

  • Mempelajari Kaki lengket pada cecak dan tokek.

-   Telapak kaki tokek mempunyai lapisan berupa struktur seperti rambut yang lengket

  • Mempelajari Lidah yang panjang dan lengket pada bunglon dan landak semut

 

 

(50 menit)

 

  1. Penutup
  • Memberikan kesimpulan

-   Kelelawar mencari makan dimalam hari dengan memanfaatkan pantulan bunyi

-   Cecak dan tokek merayap di dinding karena mempunyai perekat

-   Bunglon dan landak semut menangkap mangsanya dengan lidah.

 

(5 menit)

 

  1. Pekerjaan Rumah
  • Tugas 1.1, 1.2, 1.3

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

(                                           )

  Jakarta,         

Guru Mata Pelajaran

(                                          )

 

Mata Pelajaran              : SAINS

Materi Pokok                 : Ciri-ciri khusus makhluk hidup

Pertemuan / waktu         : Kedua  / 2 x 30 menit

Metode                         : Ceramah

  1. Kompetensi Dasar

1.1  Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek) dan lingkungan hidupnya

  1. Indikator
  • Mencari contoh hewan yang memiliki ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya: kelelawar dan cicak
  • Mendeskripsikan cirri khusus hewan yang ada di sekitarnya, misalnya kelelawar mempunyai alat pendeteksi benda-benda di sekitarnya (sonar)

 

  1. Materi Essensial

Ciri-ciri khusus beberapa jenis hewan.                       – Lanjutan –

  1. Media Belajar
  • Buku  SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI

 

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
 

  1. Pendahuluan
  • Mengulang materi pertemuan sebelumnya

 

 

(5 menit)

 

  1. Kegiatan Inti
  • Menagih tugas pertemuan sebelumnya
  • Mempelajari Punuk pada unta.

-   Unta ada yang memiliki satu punuk dan ada yang dua punuk

-   Punuk berisi lemakuntuk menyimpan cairan

-   Unta tidak berkeringat, dan hanya sedikit mengeluarkan kotoran

  • Mempelajari mata dan pendengaran yang tajam pada burung hantu.

-   Kedua mata burung terletak di bagian depan kepala, memiliki leher yang lentur

-   Pendengaran nya sangat tajam untuk menentukan lokasi mangsanya.

  • Mempelajari Semburan air ikan pemanah.

-   Menyemburkan air pada hewan yang sedang bergantung

  • Mempelajari Bentuk sederhana bunga karang (koral).

-   Menempel didasar laut dan menunggu datangnya mangsa.

-   Sisi tubuh bunga karang mempunyai lubang halus tempat masuknya air

 

(50 menit)

 

  1. Penutup
  • Memberikan kesimpulan :

-   Unta memiliki punuk untuk menyimpan lemak

-   Burung hantu menggunakan mata dan telinga untuk mecari mangsa

-   Ikan pemanah menyemburkan air untuk menangkap mangsanya.

-   Bunga karang enempel di dasar laut dan menunggu datangnya mangsa

 

(5 menit)

 

  1. Pekerjaan Rumah
  • Tugas 1.4

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

(                                           )

  Jakarta,        

Guru Mata Pelajaran

(                                          )

 

Mata Pelajaran              : SAINS

Materi Pokok                 : Ciri-Ciri Khusus Makhluk Hidup

Pertemuan / waktu         : Ketiga / 2 x 30 menit

Metode                         : Ceramah

  1. Kompetensi Dasar

1.2  Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan lingkungan hidupnya

  1. Indikator
  • Memberi contoh tumbuhan yang mempunyai ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya teratai.
  • Mendeskripsikan ciri khusus tumbuhan yang ada di sekitarnya.
  • Mengaitkan antara ciri khusus yang dimiliki tumbuhan tersebut dengan lingkungan hidupnya.

 

  1. Materi Essensial

Ciri-ciri khusus beberapa tumbuhan. Hlm.8

  1. Media Belajar
  • Buku  SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas III
  • Buku atau majalah

 

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
 

  1. Pendahuluan
  • Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan

 

 

(5 menit)

 

  1. Kegiatan Inti
  • Memahami peta konsep tentang makhluk hidup
  • Mempelajari rongga udara pada teratai

-   Hidup di air

-   Tangkai daun cenderung tumbuh menjalar, helai daun terlihat mengapung

-   Batang teratai terdapat rongga-rongga udara

-   Rongga udara membawa oksigen ke batang dan akar

  • Mempelajari kantung semar dan venus si pemakan serangga.

-   Tumbuh dirawa

-   Mencari mangsa seperti serangga karena kandungan nitrogen tidak cukup untuk memenuhi makanannya

-   Kantung semar berbetujk seperti piala yang mengel;uarkan cairan

-   Cairan tersebut memikat serangga, serangga ada yang terjatuh ke dalam tubuhnya, lalu cairan tersebut juga dapat melarutkan serangga dan mengambil nitrogen

 

(50 menit)

 

  1. Penutup
  • Memberikan kesimpulan bahwa

-   Daun teratai berbentuk lebar memudahkan air mneguap, dan melakukan fotosintesis. Akar dan batang memiliki rongga.

-   Kantung semar pemakan serangga

 

(5 menit)

 

  1. Pekerjaan Rumah
  • tugas 1.5 dan 1.6

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

(                                           )

  Jakarta,         

Guru Mata Pelajaran

(                                          )

Mata Pelajaran              : SAINS

Materi Pokok                 : Ciri-Ciri Khusus Makhluk Hidup

Pertemuan / waktu         : Keempat / 2 x 30 menit

Metode                         : Ceramah

  1. Kompetensi Dasar

1.2  Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan lingkungan hidupnya

  1. Indikator
  • Memberi contoh tumbuhan yang mempunyai ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya teratai.
  • Mendeskripsikan ciri khusus tumbuhan yang ada di sekitarnya.
  • Mengaitkan antara ciri khusus yang dimiliki tumbuhan tersebut dengan lingkungan hidupnya.

 

  1. Materi Essensial

Ciri-ciri khusus beberapa tumbuhan.                         – Lanjutan –

  1. Media Belajar
  • Buku  SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas III
  • Buku atau majalah

 

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
 

  1. Pendahuluan
  • Mengulang materi pertemuan sebelumnya

 

 

(5 menit)

 

  1. Kegiatan Inti
  • Menagih tugas pertemuan sebelumnya
  • Mempelajari bau busuk bunga rafflesia

-   Tidak memiliki klorofil, hidup sebagai parasit pada akar tumbuhan

-   Batangnya terdiri dari benang halus

-   Bunga terbesar

-   Mengeluarkan bau seperti daging busuk untuk memikat serangga

-   Memiliki bagian yang dapat memantulkan cahaya matahari

  • Mempelajari batang penyimpan air pada kaktus.

-   Tumbuh di daerah padang pasir dan panas

-   Saat hujan kaktus menyerap air sebanyak mungkin

-   Mempunyai satu akar yang panjang dan lurus ke dalam

-   Akar-akar samping menyerap air hujan sebelum menguap.

-   Air disimpan dibatangnya yang gemuk

-   Bantangnya dilindungi kulit yang tebal ubtuk megurangi penguapan.

-   Daun kaktus sebenarnya duri.

 

(50 menit)

 

  1. Penutup
  • Memberikan kesimpulan

-   Rafflesia tidak memiliki klorofil dan hidup sebagi parasit

-   Batang kaktus memiliki kulit yang tebal utnuk mengurangi penguapan

 

(5 menit)

 

  1. Pekerjaan Rumah
  • Tugas 1.7

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

(                                           )

  Jakarta,        

Guru Mata Pelajaran

(                                          )

Mata Pelajaran              : SAINS

Materi Pokok                 : Ciri-Ciri Khusus Makhluk Hidup

Pertemuan / waktu         : Kelima / 2 x 30 menit

Metode                         : Ceramah

  1. Kompetensi Dasar

1.2  Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan lingkungan hidupnya

  1. Indikator
  • Memberi contoh tumbuhan yang mempunyai ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya teratai.
  • Mendeskripsikan ciri khusus tumbuhan yang ada di sekitarnya.
  • Mengaitkan antara ciri khusus yang dimiliki tumbuhan tersebut dengan lingkungan hidupnya.

 

  1. Materi Essensial
  • Uji kompetensi dan latihan

 

  1. Media Belajar
  • Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas III

 

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
 

  1. Pendahuluan
  • Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator
  • Menagih tugas pertemuan sebelumnya

 

 

(5 menit)

 

  1. Kegiatan Inti
  • Mengerjakan uji kompetensi dan latihan soal

 

 

(50 menit)

 

  1. Penutup
  • Memotivasi untuk rajin membaca

 

 

(5 menit)

 

  1. Pekerjaan Rumah

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

(                                           )

  Jakarta,        

Guru Mata Pelajaran

(                                          )

 

Mata Pelajaran              : SAINS

Materi Pokok                 : Ciri-Ciri Khusus Makhluk Hidup

Pertemuan / waktu         : Ketiga / 2 x 30 menit

Metode                         : Ceramah

  1. Kompetensi Dasar

1.2  Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan lingkungan hidupnya

  1. Indikator
  • Memberi contoh tumbuhan yang mempunyai ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya teratai.
  • Mendeskripsikan ciri khusus tumbuhan yang ada di sekitarnya.
  • Mengaitkan antara ciri khusus yang dimiliki tumbuhan tersebut dengan lingkungan hidupnya.

 

  1. Materi Essensial

Ciri-ciri khusus beberapa tumbuhan. Hlm.8

  1. Media Belajar
  • Buku  SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas III
  • Buku atau majalah

 

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
 

  1. Pendahuluan
  • Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan

 

 

(5 menit)

 

  1. Kegiatan Inti
  • Memahami peta konsep tentang makhluk hidup
  • Mempelajari rongga udara pada teratai

-   Hidup di air

-   Tangkai daun cenderung tumbuh menjalar, helai daun terlihat mengapung

-   Batang teratai terdapat rongga-rongga udara

-   Rongga udara membawa oksigen ke batang dan akar

  • Mempelajari kantung semar dan venus si pemakan serangga.

-   Tumbuh dirawa

-   Mencari mangsa seperti serangga karena kandungan nitrogen tidak cukup untuk memenuhi makanannya

-   Kantung semar berbetujk seperti piala yang mengel;uarkan cairan

-   Cairan tersebut memikat serangga, serangga ada yang terjatuh ke dalam tubuhnya, lalu cairan tersebut juga dapat melarutkan serangga dan mengambil nitrogen

 

(50 menit)

 

  1. Penutup
  • Memberikan kesimpulan bahwa

-   Daun teratai berbentuk lebar memudahkan air mneguap, dan melakukan fotosintesis. Akar dan batang memiliki rongga.

-   Kantung semar pemakan serangga

 

(5 menit)

 

  1. Pekerjaan Rumah
  • tugas 1.5 dan 1.6

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

(                                           )

  Jakarta,         

Guru Mata Pelajaran

(                                          )

Mata Pelajaran              : SAINS

Materi Pokok                 : Ciri-Ciri Khusus Makhluk Hidup

Pertemuan / waktu         : Keempat / 2 x 30 menit

Metode                         : Ceramah

  1. Kompetensi Dasar

1.2  Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan lingkungan hidupnya

  1. Indikator
  • Memberi contoh tumbuhan yang mempunyai ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya teratai.
  • Mendeskripsikan ciri khusus tumbuhan yang ada di sekitarnya.
  • Mengaitkan antara ciri khusus yang dimiliki tumbuhan tersebut dengan lingkungan hidupnya.

 

  1. Materi Essensial

Ciri-ciri khusus beberapa tumbuhan.                         – Lanjutan –

  1. Media Belajar
  • Buku  SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas III
  • Buku atau majalah

 

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
 

  1. Pendahuluan
  • Mengulang materi pertemuan sebelumnya

 

 

(5 menit)

 

  1. Kegiatan Inti
  • Menagih tugas pertemuan sebelumnya
  • Mempelajari bau busuk bunga rafflesia

-   Tidak memiliki klorofil, hidup sebagai parasit pada akar tumbuhan

-   Batangnya terdiri dari benang halus

-   Bunga terbesar

-   Mengeluarkan bau seperti daging busuk untuk memikat serangga

-   Memiliki bagian yang dapat memantulkan cahaya matahari

  • Mempelajari batang penyimpan air pada kaktus.

-   Tumbuh di daerah padang pasir dan panas

-   Saat hujan kaktus menyerap air sebanyak mungkin

-   Mempunyai satu akar yang panjang dan lurus ke dalam

-   Akar-akar samping menyerap air hujan sebelum menguap.

-   Air disimpan dibatangnya yang gemuk

-   Bantangnya dilindungi kulit yang tebal ubtuk megurangi penguapan.

-   Daun kaktus sebenarnya duri.

 

(50 menit)

 

  1. Penutup
  • Memberikan kesimpulan

-   Rafflesia tidak memiliki klorofil dan hidup sebagi parasit

-   Batang kaktus memiliki kulit yang tebal utnuk mengurangi penguapan

 

(5 menit)

 

  1. Pekerjaan Rumah
  • Tugas 1.7

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

(                                           )

  Jakarta,        

Guru Mata Pelajaran

(                                          )

Mata Pelajaran              : SAINS

Materi Pokok                 : Ciri-Ciri Khusus Makhluk Hidup

Pertemuan / waktu         : Kelima / 2 x 30 menit

Metode                         : Ceramah

  1. Kompetensi Dasar

1.2  Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan lingkungan hidupnya

  1. Indikator
  • Memberi contoh tumbuhan yang mempunyai ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya teratai.
  • Mendeskripsikan ciri khusus tumbuhan yang ada di sekitarnya.
  • Mengaitkan antara ciri khusus yang dimiliki tumbuhan tersebut dengan lingkungan hidupnya.

 

  1. Materi Essensial
  • Uji kompetensi dan latihan

 

  1. Media Belajar
  • Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas III

 

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
 

  1. Pendahuluan
  • Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator
  • Menagih tugas pertemuan sebelumnya

 

 

(5 menit)

 

  1. Kegiatan Inti
  • Mengerjakan uji kompetensi dan latihan soal

 

 

(50 menit)

 

  1. Penutup
  • Memotivasi untuk rajin membaca

 

 

(5 menit)

 

  1. Pekerjaan Rumah

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

(                                           )

  Jakarta,        

Guru Mata Pelajaran

(                                          )

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 31 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: