Contoh RPP Terbaru Matematika Berkarakter Untuk SD Kelas VI Semester II

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah                               :   ………………………

Mata Pelajaran                  :   Matematika

Kelas/Semester                   :   VI/ 2

Pertemuan Ke                    :   1- 3

Alokasi Waktu                   :   6 x 35 menit

 

 

  1. Standar  Kompetensi      :

5.  Melakukan operasi hitung pecahan dalam   pemecahan masalah

 

  1. Kompetensi Dasar

5.1 Menyederhanakan dan mengurutkan pecahan

 

  1. Tujuan Pembelajaran**

Peserta didik dapat :

  • Mengenal berbagai bentuk pecahan
  • Menyederhanakan pecahan
  • Mengurutkan pecahan

 

Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline ),

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab ( responsibility )

 

  1. Materi Ajar

Operasi Hitung Pecahan

 

  1. Metode Pembelajaran

Demonstrasi, Tanya Jawab, Deduktif, latihan, Ekspositori

 

  1. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan ke 1-3

  • Kegiatan awal

-      Apresepsi/ Motivasi

-      Mengingatkan kembali tentang macam-macam  pecahan yang telah dipelajari pada kelas sebelumnya

  • Kegiatan Inti

&    Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

F Peserta didik dapat Menyederhanakan dan mengurutkan pecahan

&   Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

F Melakukan percobaan dengan menggunakan kertas berlipat untuk dapat membantu siswa memahami definisi pecahan yang dapat diambil dari kehidupan sehari-hari. Setelah selesai melakukan percobaan dan ditarik kesimpulan siswa di uji kemampuannya dengan mengerjakan soal latihan.

&   Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

  • Kegiatan Penutup

Dalam kegiatan penutup, guru:

F Guru mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan memberikan kesimpulan kemudian memberikan  pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

 

  1. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
  • Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 6 .
  • Matematika SD untuk Kelas VI  6B Esis
  • Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 6
  • Kertas berlipat

 

  1. Penilaian

Indikator Pencapaian

Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/ Soal

  • Mengenal berbagai bentuk pecahan
  • Menyederhanakan pecahan
  • Mengurutkan pecahan

 

Tugas Individu

dan Kelompok

 

Isian

 

  • 0,8 -
  • 125 x 7
  • dst.

 

Format Kriteria Penilaian      

Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep * semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

2.

Pengetahuan

 

 

 

Sikap

* Pengetahuan

* kadang-kadang Pengetahuan

* tidak Pengetahuan

 

* Sikap

* kadang-kadang Sikap

* tidak Sikap

4

2

1

4

2

1

 

Lembar Penilaian

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah Skor

Nilai

Pengetahuan

Sikap

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

           

 

CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

 

                                                                                        …………, ………………….20 …

        Mengetahui                                                                               

        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel Matematika

 

 

          …………………………….                                            …………………………….

NIP :                                                                     NIP :

 

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 32 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: