RPP IPA KELAS VI

Mata Pelajaran              : SAINS

Materi Pokok                 : Perkembangbiakan makhluk hidup

Pertemuan / waktu         : Pertama  / 2 x 30 menit

Metode                         : Ceramah dan diskusi

  1. Kompetensi Dasar

2.1  Mendeskripsikan perkembangan dan pertumbuhan manusia dari bayi sampai lanjut usia

  1. Indikator
  • Mendiskusikan perkembangan dan pertumbuhan manusia dari bayi sampai lanjut usia

 

  1. Materi Essensial

Perkembangan dan pertumbuhan manusia (Hlm.19)

  1. Media Belajar
  • Buku  SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI

 

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
 

  1. Pendahuluan
  • Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan

 

 

(5 menit)

 

  1. Kegiatan Inti
  • Memahami peta konsep tentang perkembangan tubuh manusia
  • Menjelaskan bahwa manusia mengalami pertumbuhan dan perkembangan
  • Berdiskusi tentang perkembangan manusia mulai dari

–   Satu bulan : mungil dan lemah

–   Delapan bulan : besar dan lincah

–   Lima tahun : berjalan, berlari, dan menggerakkan tangan dengan baik

–   Belasan tahun : masa pubertas

–   Usia dewasa : puncak perkembangan

–   Lanjut usia : penurunan fungsi tubuh

 

(50 menit)

 

  1. Penutup
  • Memberikan kesimpulan bahwa manusia mengalami pertumbuhan dan perkembangan sejak bayi hingga dewasa

 

 

(5 menit)

 

  1. Pekerjaan Rumah

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

(                                           )

  Jakarta,         

Guru Mata Pelajaran

(                                          )

 

Mata Pelajaran              : SAINS

Materi Pokok                 : Ciri-ciri khusus makhluk hidup

Pertemuan / waktu         : Kedua  / 2 x 30 menit

Metode                         : Ceramah

  1. Kompetensi Dasar

1.1  Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek) dan lingkungan hidupnya

  1. Indikator
  • Mencari contoh hewan yang memiliki ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya: kelelawar dan cicak
  • Mendeskripsikan cirri khusus hewan yang ada di sekitarnya, misalnya kelelawar mempunyai alat pendeteksi benda-benda di sekitarnya (sonar)

 

  1. Materi Essensial

Ciri-ciri khusus beberapa jenis hewan.                       – Lanjutan –

  1. Media Belajar
  • Buku  SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI

 

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
 

  1. Pendahuluan
  • Mengulang materi pertemuan sebelumnya

 

 

(5 menit)

 

  1. Kegiatan Inti
  • Menagih tugas pertemuan sebelumnya
  • Mempelajari Punuk pada unta.

–   Unta ada yang memiliki satu punuk dan ada yang dua punuk

–   Punuk berisi lemakuntuk menyimpan cairan

–   Unta tidak berkeringat, dan hanya sedikit mengeluarkan kotoran

  • Mempelajari mata dan pendengaran yang tajam pada burung hantu.

–   Kedua mata burung terletak di bagian depan kepala, memiliki leher yang lentur

–   Pendengaran nya sangat tajam untuk menentukan lokasi mangsanya.

  • Mempelajari Semburan air ikan pemanah.

–   Menyemburkan air pada hewan yang sedang bergantung

  • Mempelajari Bentuk sederhana bunga karang (koral).

–   Menempel didasar laut dan menunggu datangnya mangsa.

–   Sisi tubuh bunga karang mempunyai lubang halus tempat masuknya air

 

(50 menit)

 

  1. Penutup
  • Memberikan kesimpulan :

–   Unta memiliki punuk untuk menyimpan lemak

–   Burung hantu menggunakan mata dan telinga untuk mecari mangsa

–   Ikan pemanah menyemburkan air untuk menangkap mangsanya.

–   Bunga karang enempel di dasar laut dan menunggu datangnya mangsa

 

(5 menit)

 

  1. Pekerjaan Rumah
  • Tugas 1.4

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

(                                           )

  Jakarta,        

Guru Mata Pelajaran

(                                          )

 

Mata Pelajaran              : SAINS

Materi Pokok                 : Ciri-Ciri Khusus Makhluk Hidup

Pertemuan / waktu         : Ketiga / 2 x 30 menit

Metode                         : Ceramah

  1. Kompetensi Dasar

1.2  Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan lingkungan hidupnya

  1. Indikator
  • Memberi contoh tumbuhan yang mempunyai ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya teratai.
  • Mendeskripsikan ciri khusus tumbuhan yang ada di sekitarnya.
  • Mengaitkan antara ciri khusus yang dimiliki tumbuhan tersebut dengan lingkungan hidupnya.

 

  1. Materi Essensial

Ciri-ciri khusus beberapa tumbuhan. Hlm.8

  1. Media Belajar
  • Buku  SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas III
  • Buku atau majalah

 

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
 

  1. Pendahuluan
  • Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan

 

 

(5 menit)

 

  1. Kegiatan Inti
  • Memahami peta konsep tentang makhluk hidup
  • Mempelajari rongga udara pada teratai

–   Hidup di air

–   Tangkai daun cenderung tumbuh menjalar, helai daun terlihat mengapung

–   Batang teratai terdapat rongga-rongga udara

–   Rongga udara membawa oksigen ke batang dan akar

  • Mempelajari kantung semar dan venus si pemakan serangga.

–   Tumbuh dirawa

–   Mencari mangsa seperti serangga karena kandungan nitrogen tidak cukup untuk memenuhi makanannya

–   Kantung semar berbetujk seperti piala yang mengel;uarkan cairan

–   Cairan tersebut memikat serangga, serangga ada yang terjatuh ke dalam tubuhnya, lalu cairan tersebut juga dapat melarutkan serangga dan mengambil nitrogen

 

(50 menit)

 

  1. Penutup
  • Memberikan kesimpulan bahwa

–   Daun teratai berbentuk lebar memudahkan air mneguap, dan melakukan fotosintesis. Akar dan batang memiliki rongga.

–   Kantung semar pemakan serangga

 

(5 menit)

 

  1. Pekerjaan Rumah
  • tugas 1.5 dan 1.6

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

(                                           )

  Jakarta,         

Guru Mata Pelajaran

(                                          )

Mata Pelajaran              : SAINS

Materi Pokok                 : Ciri-Ciri Khusus Makhluk Hidup

Pertemuan / waktu         : Keempat / 2 x 30 menit

Metode                         : Ceramah

  1. Kompetensi Dasar

1.2  Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan lingkungan hidupnya

  1. Indikator
  • Memberi contoh tumbuhan yang mempunyai ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya teratai.
  • Mendeskripsikan ciri khusus tumbuhan yang ada di sekitarnya.
  • Mengaitkan antara ciri khusus yang dimiliki tumbuhan tersebut dengan lingkungan hidupnya.

 

  1. Materi Essensial

Ciri-ciri khusus beberapa tumbuhan.                         – Lanjutan –

  1. Media Belajar
  • Buku  SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas III
  • Buku atau majalah

 

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
 

  1. Pendahuluan
  • Mengulang materi pertemuan sebelumnya

 

 

(5 menit)

 

  1. Kegiatan Inti
  • Menagih tugas pertemuan sebelumnya
  • Mempelajari bau busuk bunga rafflesia

–   Tidak memiliki klorofil, hidup sebagai parasit pada akar tumbuhan

–   Batangnya terdiri dari benang halus

–   Bunga terbesar

–   Mengeluarkan bau seperti daging busuk untuk memikat serangga

–   Memiliki bagian yang dapat memantulkan cahaya matahari

  • Mempelajari batang penyimpan air pada kaktus.

–   Tumbuh di daerah padang pasir dan panas

–   Saat hujan kaktus menyerap air sebanyak mungkin

–   Mempunyai satu akar yang panjang dan lurus ke dalam

–   Akar-akar samping menyerap air hujan sebelum menguap.

–   Air disimpan dibatangnya yang gemuk

–   Bantangnya dilindungi kulit yang tebal ubtuk megurangi penguapan.

–   Daun kaktus sebenarnya duri.

 

(50 menit)

 

  1. Penutup
  • Memberikan kesimpulan

–   Rafflesia tidak memiliki klorofil dan hidup sebagi parasit

–   Batang kaktus memiliki kulit yang tebal utnuk mengurangi penguapan

 

(5 menit)

 

  1. Pekerjaan Rumah
  • Tugas 1.7

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

(                                           )

  Jakarta,        

Guru Mata Pelajaran

(                                          )

Mata Pelajaran              : SAINS

Materi Pokok                 : Ciri-Ciri Khusus Makhluk Hidup

Pertemuan / waktu         : Kelima / 2 x 30 menit

Metode                         : Ceramah

  1. Kompetensi Dasar

1.2  Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan lingkungan hidupnya

  1. Indikator
  • Memberi contoh tumbuhan yang mempunyai ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya teratai.
  • Mendeskripsikan ciri khusus tumbuhan yang ada di sekitarnya.
  • Mengaitkan antara ciri khusus yang dimiliki tumbuhan tersebut dengan lingkungan hidupnya.

 

  1. Materi Essensial
  • Uji kompetensi dan latihan

 

  1. Media Belajar
  • Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas III

 

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
 

  1. Pendahuluan
  • Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator
  • Menagih tugas pertemuan sebelumnya

 

 

(5 menit)

 

  1. Kegiatan Inti
  • Mengerjakan uji kompetensi dan latihan soal

 

 

(50 menit)

 

  1. Penutup
  • Memotivasi untuk rajin membaca

 

 

(5 menit)

 

  1. Pekerjaan Rumah

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

(                                           )

  Jakarta,        

Guru Mata Pelajaran

(                                          )

 

Mata Pelajaran              : SAINS

Materi Pokok                 : Perkembangbiakan makhluk hidup

Pertemuan / waktu         : Kedua / 2 x 30 menit

Metode                         : Ceramah dan diskusi

  1. Kompetensi Dasar

2.2  Mendeskripsikan ciri-ciri perkembangan fisik anak laki-laki dan perempuan

  1. Indikator
  • Mendiskusikan perubahan fisik tubuh laki-laki dan perempuan pada masa pubertas dan pengaruhnya.
  • Menjaga kebersihan organ-organ reproduksi

 

  1. Materi Essensial

Perubahan fisik tubuh manusia pada masa pubertas.

  1. Media Belajar
  • Buku  SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI

 

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
 

  1. Pendahuluan
  • Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan

 

 

(5 menit)

 

  1. Kegiatan Inti
  • Memahami peta konsep tentang perkembangan manusia.
  • Memahami saat remaja (16 – 20 tahun )laki-laki atau perempuan mengalami pertumbuhan yang pesat.
  • Mengetahui pertumbuhan primer pada laki-laki yaitu mulai diproduksinya sel sperma oleh testis
  • Mengetahui pertumbuhan sekunder pada laki-laki yaitu dada terlihat bidang, tumbuh kumis, janggut, dan rambut halus di sekitar alat kelamin.
  • Mengetahui pertumbuhan primer pada perempuan yaitu mulai diproduksinya sel telur oleh ovarium.
  • Mengetahui pertumbuhan sekunder pada perempuan yaitu pinggul dan dada membesar, rambut halus di sekitar alat kelamin.
  • Mengetahui cara menjaga kesehatan diri dan organ reproduksi.

 

 

(50 menit)

 

  1. Penutup
  • Memberikan kesimpulan bahwa pada masa pubertas, tubuh laki-laki dan perempuan mengalami perubahan-perubahan yang memungkinkan mereka untuk berkembang

 

 

(5 menit)

 

  1. Pekerjaan Rumah
  • Tugas 2.1 dan 2.2

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

(                                           )

  Jakarta,         

Guru Mata Pelajaran

(                                          )

 

Mata Pelajaran              : SAINS

Materi Pokok                 : Perkembangbiakan makhluk hidup

Pertemuan / waktu         : Ketiga / 2 x 30 menit

Metode                         : Ceramah dan diskusi

  1. Kompetensi Dasar

2.3  Mengidentifikasi cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan

  1. Indikator
  • Mengidentifikasi berbagai cara hewan berkembang biak.
  • Membedakan ciri-ciri antara hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur dan dengan cara melahirkan.

 

  1. Materi Essensial

Perkembangbiakan hewan.

  1. Media Belajar
  • Buku  SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI

 

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
 

  1. Pendahuluan
  • Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan

 

 

(5 menit)

 

  1. Kegiatan Inti
  • Mengetahui cara hewan berkembangbiak

–   Membelah diri dan bertunas

–   Bertelur

–   Melahirkan

–   Bertelur-melahirkan

  • Memahami dan menyebutkan cara hewan membelah diri dan bertunas

–   Membelah diri : protozoa (amoeba, paramaecium)

–   Bertunas : anemon laut, hydra

  • Memahami dan menyebutkan cara hewan bertelur (ovipar)

–   Merpati, elang, ayam, bebek.

–   Ikan, serangga dan amfibi

  • Mengerjakan tugas 2.3. hlm.26

 

 

(50 menit)

 

  1. Penutup
  • Memberikan kesimpulan bahwa hewan ada yang berkembang biak dengan membelah diri dan bertunas serta bertelur

 

 

(5 menit)

 

  1. Pekerjaan Rumah

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

(                                           )

  Jakarta,         

Guru Mata Pelajaran

(                                          )

 

Mata Pelajaran              : SAINS

Materi Pokok                 : Perkembangbiakan makhluk hidup

Pertemuan / waktu         : Keempat / 2 x 30 menit

Metode                         : Ceramah dan diskusi

  1. Kompetensi Dasar

2.3  Mengidentifikasi cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan

  1. Indikator
  • Mengidentifikasi berbagai cara hewan berkembang biak.
  • Membedakan ciri-ciri antara hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur dan dengan cara melahirkan.

 

  1. Materi Essensial

Perkembangbiakan hewan                            – lanjutan –

  1. Media Belajar
  • Buku  SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI

 

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
 

  1. Pendahuluan
  • Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan

 

 

(5 menit)

 

  1. Kegiatan Inti
  • Memahami dan menyebutkan cara hewan berkembangbiak dengan melahirkan (vivipar)

–   Kucing, Anjing, sapi, kijang dan harimau

–   Pesut, lumba-lumba, paus

  • Mengerjakan tugas 2.4. Hlm.27
  • Memahami dan menyebutkan cara hewan bertelur – melahirkan (ovovivipar)

–   Beberapa jenis ular

–   Beberapa jenis reptil

  • Menjelaskan  ciri hewan bertelur

–   Tidak mengalami masa mengandung

–   Zat makan bayi berasal dari zat dalam telur

–   Tidak memiliki kelenjar susu

  • Menjelaskan  ciri hewan melahirkan

–   Mengalami masa mengandung

–   Zat makan bayi berasal dari tubuh induknya

–   Memiliki kelenjar susu

–   Ditumbuhi rambut disekitar tubuhnya

 

(50 menit)

 

  1. Penutup
  • Memberikan kesimpulan bahwa berbagai macam cara hewan berkembangbiak membelah diri, bertelur (ovipar), melahirkan (vivipar), dan bertelur-melahirkan (ovovivipar)

 

 

(5 menit)

 

  1. Pekerjaan Rumah

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

(                                           )

  Jakarta,        

Guru Mata Pelajaran

(                                          )

Mata Pelajaran              : SAINS

Materi Pokok                 : Perkembangbiakan makhluk hidup

Pertemuan / waktu         : Kelima dan keenam / 4 x 30 menit

Metode                         : Ceramah dan diskusi

  1. Kompetensi Dasar

2.3  Mengidentifikasi cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan

  1. Indikator
  • Mengidentifikasi berbagai cara tumbuhan berkembang biak
  • Menyimpulkan bahwa tumbuhan berkembang biak dengan cara vegetatif dan generatif
  • Mengidentifikasi bagian-bagian bunga dan biji sebagai alat perkembangbiakan tumbuhan.
  • Menjelaskan peran penyerbukan
  • Mempraktekkan cara membiakkan tumbuhan, misalnya stek dan cangkok.

 

  1. Materi Essensial

Perkembangbiakan tumbuhan.

  • Perkembangan biakan secara vegetatif alamih (Hlm.29)

 

  1. Media Belajar
  • Buku  SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI

 

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
 

  1. Pendahuluan
  • Menagih tugas pertemuan sebelumnya
  • Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan

 

 

(5 menit)

 

  1. Kegiatan Inti
  • Memahami perkembanganbiakan tumbuhan dibagi menjadi dua

–   Vegetatif (perkembangan makhluk hidup tanpa perkawinan)

–   Generatif (perkembangan makhluk hidup dengan perakawinan)

  • Menjelaskan dan memberikan contoh perkembangbiakan vegetatif
–   Mermbelah diri

–   Spora

–   Akar tinggal

–   Umbi lapis

–   Umbi batang

–   Umbi akar

–   Geragih

–   Tunas

  • Melakukan tugas 2.5 Hlm. 32

 

 

(50 menit)

 

  1. Penutup
  • Memberikan kesimpulan, perkembangbiakan vegetatif almiah terdiri dar membelah diri, spora, akar tinggal, umbi lapis , umbi batang, umbi akar, geragih, tunas

 

 

(5 menit)

 

  1. Pekerjaan Rumah

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

(                                           )

  Jakarta,        

Guru Mata Pelajaran

(                                          )

 

Mata Pelajaran              : SAINS

Materi Pokok                 : Perkembangbiakan makhluk hidup

Pertemuan / waktu         : Ketujuh dan kedelapan / 4 x 30 menit

Metode                         : Ceramah dan praktek

  1. Kompetensi Dasar

2.3  Mengidentifikasi cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan

  1. Indikator
  • Mengidentifikasi berbagai cara tumbuhan berkembang biak
  • Menyimpulkan bahwa tumbuhan berkembang biak dengan cara vegetatif dan generatif
  • Mengidentifikasi bagian-bagian bunga dan biji sebagai alat perkembangbiakan tumbuhan.
  • Menjelaskan peran penyerbukan
  • Mempraktekkan cara membiakkan tumbuhan, misalnya stek dan cangkok.

 

  1. Materi Essensial

Perkembangbiakan tumbuhan.

  • Perkembangan biakan secara vegetatif buatan (Hlm.34)

 

  1. Media Belajar
  • Buku  SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI
  • Tanaman jambu, mangga atau belimbing, tanah, pupuk kandang, pisau, gergaji, tali rafiah, polybag.

 

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
 

  1. Pendahuluan
  • Menagih tugas pertemuan sebelumnya
  • Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan

 

 

(10 menit)

 

  1. Kegiatan Inti
  • Menjelaskan dan memberikan contoh perkembangbiakan vegetatif buatan

–   Cangkok

–   Stek

–   Runduk

  • Melakukan tugas 2.6. Hlm.34.
  • Memahami perkembang biakan dengan stek
  • Melakukan tugas 2.7. Hlm.39.

 

 

(100 menit)

 

  1. Penutup
  • Memberikan kesimpulan, perkembangbiakan vegetatif buatan terdiri dari cangkok, setek dan runduk

 

 

(10 menit)

 

  1. Pekerjaan Rumah
  • kegiatan 2.1. hlm.37

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

(                                           )

  Jakarta,        

Guru Mata Pelajaran

(                                          )

 

Mata Pelajaran              : SAINS

Materi Pokok                 : Perkembangbiakan makhluk hidup

Pertemuan / waktu         : Kesembilan dan kesepuluh / 4 x 30 menit

Metode                         : Ceramah dan praktek

  1. Kompetensi Dasar

2.3  Mengidentifikasi cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan

  1. Indikator
  • Mengidentifikasi berbagai cara tumbuhan berkembang biak
  • Menyimpulkan bahwa tumbuhan berkembang biak dengan cara vegetatif dan generatif
  • Mengidentifikasi bagian-bagian bunga dan biji sebagai alat perkembangbiakan tumbuhan.
  • Menjelaskan peran penyerbukan
  • Mempraktekkan cara membiakkan tumbuhan, misalnya stek dan cangkok.

 

  1. Materi Essensial

Perkembangbiakan tumbuhan.

  • Perkembangan biakan secara generatif (Hlm.39)

 

  1. Media Belajar
  • Buku  SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI

 

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
 

  1. Pendahuluan
  • Menagih tugas pertemuan sebelumnya
  • Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan

 

 

(10 menit)

 

  1. Kegiatan Inti
  • Memahami cara memelihara perkembangbiakan tumbuhan secara generatif melalui penyerbukan.
  • Menyebutkan bagian-bagian bunga
  • Menjelaskan proses penyebukan dan pembuahan
  • Melakukan tugas.2.8. Hlm.41.
  • Menyebutkan cara-cara penyerbukan

 

 

(100 menit)

 

  1. Penutup
  • Memberikan kesimpulan, empat macampenyerbukan berdasarkan asal serbuk sari, yaitu penyerbukan sendiri, penyerbukan tetangga, penyerbukan silang, dan penyerbukan bastar

 

 

(10 menit)

 

  1. Pekerjaan Rumah
  • Tugas 2.9 Hlm.44.

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

(                                           )

  Jakarta,        

Guru Mata Pelajaran

(                                          )

 

Mata Pelajaran              : SAINS

Materi Pokok                 : Perkembangbiakan makhluk hidup

Pertemuan / waktu         : Ketiga / 2 x 30 menit

Metode                         : Ceramah dan diskusi

  1. Kompetensi Dasar

2.3  Mengidentifikasi cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan

  1. Indikator
  • Mengidentifikasi berbagai cara hewan berkembang biak.
  • Membedakan ciri-ciri antara hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur dan dengan cara melahirkan.

 

  1. Materi Essensial

Perkembangbiakan hewan.

  1. Media Belajar
  • Buku  SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI

 

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
 

  1. Pendahuluan
  • Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan

 

 

(5 menit)

 

  1. Kegiatan Inti
  • Mengetahui cara hewan berkembangbiak

–   Membelah diri dan bertunas

–   Bertelur

–   Melahirkan

–   Bertelur-melahirkan

  • Memahami dan menyebutkan cara hewan membelah diri dan bertunas

–   Membelah diri : protozoa (amoeba, paramaecium)

–   Bertunas : anemon laut, hydra

  • Memahami dan menyebutkan cara hewan bertelur (ovipar)

–   Merpati, elang, ayam, bebek.

–   Ikan, serangga dan amfibi

  • Mengerjakan tugas 2.3. hlm.26

 

 

(50 menit)

 

  1. Penutup
  • Memberikan kesimpulan bahwa hewan ada yang berkembang biak dengan membelah diri dan bertunas serta bertelur

 

 

(5 menit)

 

  1. Pekerjaan Rumah

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

(                                           )

  Jakarta,         

Guru Mata Pelajaran

(                                          )

 

Mata Pelajaran              : SAINS

Materi Pokok                 : Perkembangbiakan makhluk hidup

Pertemuan / waktu         : Keempat / 2 x 30 menit

Metode                         : Ceramah dan diskusi

  1. Kompetensi Dasar

2.3  Mengidentifikasi cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan

  1. Indikator
  • Mengidentifikasi berbagai cara hewan berkembang biak.
  • Membedakan ciri-ciri antara hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur dan dengan cara melahirkan.

 

  1. Materi Essensial

Perkembangbiakan hewan                            – lanjutan –

  1. Media Belajar
  • Buku  SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI

 

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
 

  1. Pendahuluan
  • Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan

 

 

(5 menit)

 

  1. Kegiatan Inti
  • Memahami dan menyebutkan cara hewan berkembangbiak dengan melahirkan (vivipar)

–   Kucing, Anjing, sapi, kijang dan harimau

–   Pesut, lumba-lumba, paus

  • Mengerjakan tugas 2.4. Hlm.27
  • Memahami dan menyebutkan cara hewan bertelur – melahirkan (ovovivipar)

–   Beberapa jenis ular

–   Beberapa jenis reptil

  • Menjelaskan  ciri hewan bertelur

–   Tidak mengalami masa mengandung

–   Zat makan bayi berasal dari zat dalam telur

–   Tidak memiliki kelenjar susu

  • Menjelaskan  ciri hewan melahirkan

–   Mengalami masa mengandung

–   Zat makan bayi berasal dari tubuh induknya

–   Memiliki kelenjar susu

–   Ditumbuhi rambut disekitar tubuhnya

 

(50 menit)

 

  1. Penutup
  • Memberikan kesimpulan bahwa berbagai macam cara hewan berkembangbiak membelah diri, bertelur (ovipar), melahirkan (vivipar), dan bertelur-melahirkan (ovovivipar)

 

 

(5 menit)

 

  1. Pekerjaan Rumah

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

(                                           )

  Jakarta,        

Guru Mata Pelajaran

(                                          )

Mata Pelajaran              : SAINS

Materi Pokok                 : Perkembangbiakan makhluk hidup

Pertemuan / waktu         : Kelima dan keenam / 4 x 30 menit

Metode                         : Ceramah dan diskusi

  1. Kompetensi Dasar

2.3  Mengidentifikasi cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan

  1. Indikator
  • Mengidentifikasi berbagai cara tumbuhan berkembang biak
  • Menyimpulkan bahwa tumbuhan berkembang biak dengan cara vegetatif dan generatif
  • Mengidentifikasi bagian-bagian bunga dan biji sebagai alat perkembangbiakan tumbuhan.
  • Menjelaskan peran penyerbukan
  • Mempraktekkan cara membiakkan tumbuhan, misalnya stek dan cangkok.

 

  1. Materi Essensial

Perkembangbiakan tumbuhan.

  • Perkembangan biakan secara vegetatif alamih (Hlm.29)

 

  1. Media Belajar
  • Buku  SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI

 

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
 

  1. Pendahuluan
  • Menagih tugas pertemuan sebelumnya
  • Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan

 

 

(5 menit)

 

  1. Kegiatan Inti
  • Memahami perkembanganbiakan tumbuhan dibagi menjadi dua

–   Vegetatif (perkembangan makhluk hidup tanpa perkawinan)

–   Generatif (perkembangan makhluk hidup dengan perakawinan)

  • Menjelaskan dan memberikan contoh perkembangbiakan vegetatif
–   Mermbelah diri

–   Spora

–   Akar tinggal

–   Umbi lapis

–   Umbi batang

–   Umbi akar

–   Geragih

–   Tunas

  • Melakukan tugas 2.5 Hlm. 32

 

 

(50 menit)

 

  1. Penutup
  • Memberikan kesimpulan, perkembangbiakan vegetatif almiah terdiri dar membelah diri, spora, akar tinggal, umbi lapis , umbi batang, umbi akar, geragih, tunas

 

 

(5 menit)

 

  1. Pekerjaan Rumah

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

(                                           )

  Jakarta,        

Guru Mata Pelajaran

(                                          )

 

Mata Pelajaran              : SAINS

Materi Pokok                 : Perkembangbiakan makhluk hidup

Pertemuan / waktu         : Ketujuh dan kedelapan / 4 x 30 menit

Metode                         : Ceramah dan praktek

  1. Kompetensi Dasar

2.3  Mengidentifikasi cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan

  1. Indikator
  • Mengidentifikasi berbagai cara tumbuhan berkembang biak
  • Menyimpulkan bahwa tumbuhan berkembang biak dengan cara vegetatif dan generatif
  • Mengidentifikasi bagian-bagian bunga dan biji sebagai alat perkembangbiakan tumbuhan.
  • Menjelaskan peran penyerbukan
  • Mempraktekkan cara membiakkan tumbuhan, misalnya stek dan cangkok.

 

  1. Materi Essensial

Perkembangbiakan tumbuhan.

  • Perkembangan biakan secara vegetatif buatan (Hlm.34)

 

  1. Media Belajar
  • Buku  SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI
  • Tanaman jambu, mangga atau belimbing, tanah, pupuk kandang, pisau, gergaji, tali rafiah, polybag.

 

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
 

  1. Pendahuluan
  • Menagih tugas pertemuan sebelumnya
  • Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan

 

 

(10 menit)

 

  1. Kegiatan Inti
  • Menjelaskan dan memberikan contoh perkembangbiakan vegetatif buatan

–   Cangkok

–   Stek

–   Runduk

  • Melakukan tugas 2.6. Hlm.34.
  • Memahami perkembang biakan dengan stek
  • Melakukan tugas 2.7. Hlm.39.

 

 

(100 menit)

 

  1. Penutup
  • Memberikan kesimpulan, perkembangbiakan vegetatif buatan terdiri dari cangkok, setek dan runduk

 

 

(10 menit)

 

  1. Pekerjaan Rumah
  • kegiatan 2.1. hlm.37

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

(                                           )

  Jakarta,        

Guru Mata Pelajaran

(                                          )

 

Mata Pelajaran              : SAINS

Materi Pokok                 : Perkembangbiakan makhluk hidup

Pertemuan / waktu         : Kesembilan dan kesepuluh / 4 x 30 menit

Metode                         : Ceramah dan praktek

  1. Kompetensi Dasar

2.3  Mengidentifikasi cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan

  1. Indikator
  • Mengidentifikasi berbagai cara tumbuhan berkembang biak
  • Menyimpulkan bahwa tumbuhan berkembang biak dengan cara vegetatif dan generatif
  • Mengidentifikasi bagian-bagian bunga dan biji sebagai alat perkembangbiakan tumbuhan.
  • Menjelaskan peran penyerbukan
  • Mempraktekkan cara membiakkan tumbuhan, misalnya stek dan cangkok.

 

  1. Materi Essensial

Perkembangbiakan tumbuhan.

  • Perkembangan biakan secara generatif (Hlm.39)

 

  1. Media Belajar
  • Buku  SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI

 

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
 

  1. Pendahuluan
  • Menagih tugas pertemuan sebelumnya
  • Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan

 

 

(10 menit)

 

  1. Kegiatan Inti
  • Memahami cara memelihara perkembangbiakan tumbuhan secara generatif melalui penyerbukan.
  • Menyebutkan bagian-bagian bunga
  • Menjelaskan proses penyebukan dan pembuahan
  • Melakukan tugas.2.8. Hlm.41.
  • Menyebutkan cara-cara penyerbukan

 

 

(100 menit)

 

  1. Penutup
  • Memberikan kesimpulan, empat macampenyerbukan berdasarkan asal serbuk sari, yaitu penyerbukan sendiri, penyerbukan tetangga, penyerbukan silang, dan penyerbukan bastar

 

 

(10 menit)

 

  1. Pekerjaan Rumah
  • Tugas 2.9 Hlm.44.

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

(                                           )

  Jakarta,        

Guru Mata Pelajaran

(                                          )

 

Mata Pelajaran              : SAINS

Materi Pokok                 : Perkembangbiakan makhluk hidup

Pertemuan / waktu         : Ketiga / 2 x 30 menit

Metode                         : Ceramah dan diskusi

  1. Kompetensi Dasar

2.3  Mengidentifikasi cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan

  1. Indikator
  • Mengidentifikasi berbagai cara hewan berkembang biak.
  • Membedakan ciri-ciri antara hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur dan dengan cara melahirkan.

 

  1. Materi Essensial

Perkembangbiakan hewan.

  1. Media Belajar
  • Buku  SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI

 

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
 

  1. Pendahuluan
  • Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan

 

 

(5 menit)

 

  1. Kegiatan Inti
  • Mengetahui cara hewan berkembangbiak

–   Membelah diri dan bertunas

–   Bertelur

–   Melahirkan

–   Bertelur-melahirkan

  • Memahami dan menyebutkan cara hewan membelah diri dan bertunas

–   Membelah diri : protozoa (amoeba, paramaecium)

–   Bertunas : anemon laut, hydra

  • Memahami dan menyebutkan cara hewan bertelur (ovipar)

–   Merpati, elang, ayam, bebek.

–   Ikan, serangga dan amfibi

  • Mengerjakan tugas 2.3. hlm.26

 

 

(50 menit)

 

  1. Penutup
  • Memberikan kesimpulan bahwa hewan ada yang berkembang biak dengan membelah diri dan bertunas serta bertelur

 

 

(5 menit)

 

  1. Pekerjaan Rumah

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

(                                           )

  Jakarta,         

Guru Mata Pelajaran

(                                          )

 

Mata Pelajaran              : SAINS

Materi Pokok                 : Perkembangbiakan makhluk hidup

Pertemuan / waktu         : Keempat / 2 x 30 menit

Metode                         : Ceramah dan diskusi

  1. Kompetensi Dasar

2.3  Mengidentifikasi cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan

  1. Indikator
  • Mengidentifikasi berbagai cara hewan berkembang biak.
  • Membedakan ciri-ciri antara hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur dan dengan cara melahirkan.

 

  1. Materi Essensial

Perkembangbiakan hewan                            – lanjutan –

  1. Media Belajar
  • Buku  SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI

 

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
 

  1. Pendahuluan
  • Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan

 

 

(5 menit)

 

  1. Kegiatan Inti
  • Memahami dan menyebutkan cara hewan berkembangbiak dengan melahirkan (vivipar)

–   Kucing, Anjing, sapi, kijang dan harimau

–   Pesut, lumba-lumba, paus

  • Mengerjakan tugas 2.4. Hlm.27
  • Memahami dan menyebutkan cara hewan bertelur – melahirkan (ovovivipar)

–   Beberapa jenis ular

–   Beberapa jenis reptil

  • Menjelaskan  ciri hewan bertelur

–   Tidak mengalami masa mengandung

–   Zat makan bayi berasal dari zat dalam telur

–   Tidak memiliki kelenjar susu

  • Menjelaskan  ciri hewan melahirkan

–   Mengalami masa mengandung

–   Zat makan bayi berasal dari tubuh induknya

–   Memiliki kelenjar susu

–   Ditumbuhi rambut disekitar tubuhnya

 

(50 menit)

 

  1. Penutup
  • Memberikan kesimpulan bahwa berbagai macam cara hewan berkembangbiak membelah diri, bertelur (ovipar), melahirkan (vivipar), dan bertelur-melahirkan (ovovivipar)

 

 

(5 menit)

 

  1. Pekerjaan Rumah

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

(                                           )

  Jakarta,        

Guru Mata Pelajaran

(                                          )

Mata Pelajaran              : SAINS

Materi Pokok                 : Perkembangbiakan makhluk hidup

Pertemuan / waktu         : Kelima dan keenam / 4 x 30 menit

Metode                         : Ceramah dan diskusi

  1. Kompetensi Dasar

2.3  Mengidentifikasi cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan

  1. Indikator
  • Mengidentifikasi berbagai cara tumbuhan berkembang biak
  • Menyimpulkan bahwa tumbuhan berkembang biak dengan cara vegetatif dan generatif
  • Mengidentifikasi bagian-bagian bunga dan biji sebagai alat perkembangbiakan tumbuhan.
  • Menjelaskan peran penyerbukan
  • Mempraktekkan cara membiakkan tumbuhan, misalnya stek dan cangkok.

 

  1. Materi Essensial

Perkembangbiakan tumbuhan.

  • Perkembangan biakan secara vegetatif alamih (Hlm.29)

 

  1. Media Belajar
  • Buku  SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI

 

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
 

  1. Pendahuluan
  • Menagih tugas pertemuan sebelumnya
  • Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan

 

 

(5 menit)

 

  1. Kegiatan Inti
  • Memahami perkembanganbiakan tumbuhan dibagi menjadi dua

–   Vegetatif (perkembangan makhluk hidup tanpa perkawinan)

–   Generatif (perkembangan makhluk hidup dengan perakawinan)

  • Menjelaskan dan memberikan contoh perkembangbiakan vegetatif
–   Mermbelah diri

–   Spora

–   Akar tinggal

–   Umbi lapis

–   Umbi batang

–   Umbi akar

–   Geragih

–   Tunas

  • Melakukan tugas 2.5 Hlm. 32

 

 

(50 menit)

 

  1. Penutup
  • Memberikan kesimpulan, perkembangbiakan vegetatif almiah terdiri dar membelah diri, spora, akar tinggal, umbi lapis , umbi batang, umbi akar, geragih, tunas

 

 

(5 menit)

 

  1. Pekerjaan Rumah

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

(                                           )

  Jakarta,        

Guru Mata Pelajaran

(                                          )

 

Mata Pelajaran              : SAINS

Materi Pokok                 : Perkembangbiakan makhluk hidup

Pertemuan / waktu         : Ketujuh dan kedelapan / 4 x 30 menit

Metode                         : Ceramah dan praktek

  1. Kompetensi Dasar

2.3  Mengidentifikasi cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan

  1. Indikator
  • Mengidentifikasi berbagai cara tumbuhan berkembang biak
  • Menyimpulkan bahwa tumbuhan berkembang biak dengan cara vegetatif dan generatif
  • Mengidentifikasi bagian-bagian bunga dan biji sebagai alat perkembangbiakan tumbuhan.
  • Menjelaskan peran penyerbukan
  • Mempraktekkan cara membiakkan tumbuhan, misalnya stek dan cangkok.

 

  1. Materi Essensial

Perkembangbiakan tumbuhan.

  • Perkembangan biakan secara vegetatif buatan (Hlm.34)

 

  1. Media Belajar
  • Buku  SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI
  • Tanaman jambu, mangga atau belimbing, tanah, pupuk kandang, pisau, gergaji, tali rafiah, polybag.

 

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
 

  1. Pendahuluan
  • Menagih tugas pertemuan sebelumnya
  • Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan

 

 

(10 menit)

 

  1. Kegiatan Inti
  • Menjelaskan dan memberikan contoh perkembangbiakan vegetatif buatan

–   Cangkok

–   Stek

–   Runduk

  • Melakukan tugas 2.6. Hlm.34.
  • Memahami perkembang biakan dengan stek
  • Melakukan tugas 2.7. Hlm.39.

 

 

(100 menit)

 

  1. Penutup
  • Memberikan kesimpulan, perkembangbiakan vegetatif buatan terdiri dari cangkok, setek dan runduk

 

 

(10 menit)

 

  1. Pekerjaan Rumah
  • kegiatan 2.1. hlm.37

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

(                                           )

  Jakarta,        

Guru Mata Pelajaran

(                                          )

 

Mata Pelajaran              : SAINS

Materi Pokok                 : Perkembangbiakan makhluk hidup

Pertemuan / waktu         : Kesembilan dan kesepuluh / 4 x 30 menit

Metode                         : Ceramah dan praktek

  1. Kompetensi Dasar

2.3  Mengidentifikasi cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan

  1. Indikator
  • Mengidentifikasi berbagai cara tumbuhan berkembang biak
  • Menyimpulkan bahwa tumbuhan berkembang biak dengan cara vegetatif dan generatif
  • Mengidentifikasi bagian-bagian bunga dan biji sebagai alat perkembangbiakan tumbuhan.
  • Menjelaskan peran penyerbukan
  • Mempraktekkan cara membiakkan tumbuhan, misalnya stek dan cangkok.

 

  1. Materi Essensial

Perkembangbiakan tumbuhan.

  • Perkembangan biakan secara generatif (Hlm.39)

 

  1. Media Belajar
  • Buku  SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI

 

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
 

  1. Pendahuluan
  • Menagih tugas pertemuan sebelumnya
  • Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan

 

 

(10 menit)

 

  1. Kegiatan Inti
  • Memahami cara memelihara perkembangbiakan tumbuhan secara generatif melalui penyerbukan.
  • Menyebutkan bagian-bagian bunga
  • Menjelaskan proses penyebukan dan pembuahan
  • Melakukan tugas.2.8. Hlm.41.
  • Menyebutkan cara-cara penyerbukan

 

 

(100 menit)

 

  1. Penutup
  • Memberikan kesimpulan, empat macampenyerbukan berdasarkan asal serbuk sari, yaitu penyerbukan sendiri, penyerbukan tetangga, penyerbukan silang, dan penyerbukan bastar

 

 

(10 menit)

 

  1. Pekerjaan Rumah
  • Tugas 2.9 Hlm.44.

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

(                                           )

  Jakarta,        

Guru Mata Pelajaran

(                                          )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: