RPP SAIN’S SD (ERLANGGA) SUMBER BUKU SAIN’S SD HARYANTO

Mau berlangganan RPP terbaru Klik disini!

RPP SD Semua kelas

Mata Pelajaran : SAINS

Materi Pokok : Organ Tubuh Manusia dan Hewan

Pertemuan / waktu : Pertama / 2 x 30 menit

Metode : Ceramah dan praktek

A. Kompetensi Dasar

1.1 Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia.

1.2 Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah.

B. Indikator

o Mengidentifikasi alat pernapasan pada manusia dan pada beberapa hewan

o Membuat model alat pernapasan manusia dan mendemonstrasikan cara kerjanya.*)

o Menjelaskan penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia, misalnya menghirup udara tercemar, merokok dan terinfeksi oleh kuman.

o Membiasakan diri memelihara kesehatan alat pernapasan

C. Materi Essensial

Alat Pernapasan Pada Manusia Dan Hewan (hlm.3)

o Alat pernapasan manusia

D. Media Belajar

o Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas V

o Stoples plastik bening besar Pipa kecil bercabang tiga, Plastisin, Karet gelang, Sedotan, Tiga balon kecil, Lakban, Gunting, Silet.

E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

1. Pendahuluan

o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan

(5 menit)

2. Kegiatan Inti

o Memahami peta konsep tentang alat pernapasan

o Menyebutkan bagian tubuh yang berperan sebagai pernapasan

– Paru-paru

– Hidung

– Tenggorokan

o Memahami istilah dari

– Diagfragma

– Gelambir

– Pleura – Bronkus

– Alveolus

o Memahami pernapasan dada dan pernapasan perut

o Memahami proses pernapasan

(50 menit)

3. Penutup

o Mengulang proses pernapasan

(5 menit)

4. Pekerjaan Rumaho –

Mengetahui

Kepala Sekolah

( ) Jakarta,

Guru Mata Pelajaran

( )

Mata Pelajaran : SAINS

Materi Pokok : Organ Tubuh Manusia dan Hewan

Pertemuan / waktu : Kedua / 2 x 30 menit

Metode : Ceramah dan praktek

A. Kompetensi Dasar

1.1 Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia.

1.2 Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah

B. Indikator

o Mengidentifikasi alat pernapasan pada manusia dan pada beberapa hewan

o Membuat model alat pernapasan manusia dan mendemonstrasikan cara kerjanya.*)

o Menjelaskan penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia, misalnya menghirup udara tercemar, merokok dan terinfeksi oleh kuman.

o Membiasakan diri memelihara kesehatan alat pernapasan

C. Materi Essensial

Alat Pernapasan Pada Manusia Dan Hewan

o Alat pernapasan manusia (hlm.3) –lanjutan–

D. Media Belajar

o Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas V

E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

1. Pendahuluan

o Mengulang materi pertemuan sebelumnya

o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan

(5 menit)

2. Kegiatan Inti

o Melakukan kegiatan 1.1 (hlm.4)

o Melakukan tugas 1.1 (hlm.5)

(50 menit)

3. Penutup

o Memberikan kesimpulan dari kegiatan 1.1

(5 menit)

4. Pekerjaan Rumah

o tugas 1.1

Mengetahui

Kepala Sekolah

( ) Jakarta,

Guru Mata Pelajaran

( )

Mata Pelajaran : SAINS

Materi Pokok : Organ Tubuh Manusia dan Hewan

Pertemuan / waktu : Ketiga / 2 x 30 menit

Metode : Ceramah dan praktek

A. Kompetensi Dasar

1.1 Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia.

1.2 Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah

B. Indikator

o Mengidentifikasi alat pernapasan pada manusia dan pada beberapa hewan

o Membuat model alat pernapasan manusia dan mendemonstrasikan cara kerjanya.*)

o Menjelaskan penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia, misalnya menghirup udara tercemar, merokok dan terinfeksi oleh kuman.

o Membiasakan diri memelihara kesehatan alat pernapasan

C. Materi Essensial

Alat Pernapasan Pada Manusia Dan Hewan

o Alat pernapasan hewan (hlm.6)

D. Media Belajar

o Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas V

E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

1. Pendahuluan

o Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator

o Memahami peta konsep tentang alat pernapasan pada hewan

(5 menit)

2. Kegiatan Inti

o Mendeskripsikan alat pernapasan hewan

– Burung

– Reptil

– Amfibi

– Ikan – Serangga

– Cacing

– Mamalia

o Memahami istilah dari

– Pundi-pundi

– Labirin – Stigma

o Memahami proses pernapasan pada :

– Burung

– Reptil

– Amfibi

– Ikan – Serangga

– Cacing

– Mamalia

o Mengetahui cara menjaga kesehatan tulang yaitu dengan memakan makanan

(50 menit)

3. Penutup

o Memberikan kesimpulan bahwa hewan memiliki alat pernapasan yang berbeda-beda

(5 menit)

4. Pekerjaan Rumaho –

Mengetahui

Kepala Sekolah

( ) Jakarta,

Guru Mata Pelajaran

( )

Mata Pelajaran : SAINS

Materi Pokok : Organ Tubuh Manusia dan Hewan

Pertemuan / waktu : Keempat / 2 x 30 menit

Metode : Ceramah dan praktek

A. Kompetensi Dasar

1.1 Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia.

1.2 Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah

B. Indikator

o Mengidentifikasi alat pernapasan pada manusia dan pada beberapa hewan

o Membuat model alat pernapasan manusia dan mendemonstrasikan cara kerjanya.*)

o Menjelaskan penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia, misalnya menghirup udara tercemar, merokok dan terinfeksi oleh kuman.

o Membiasakan diri memelihara kesehatan alat pernapasan.

C. Materi Essensial

Alat Pernapasan Pada Manusia Dan Hewan

o Penyakit yang Menyerang Alat Pernapasan Manusia (hlm.9)

o Memelihara kesehatan alat pernapasan (hlm.12)

D. Media Belajar

o Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas V

E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

1. Pendahuluan

o Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator.

(5 menit)

2. Kegiatan Inti

o Memahami bahwa penyakit yang menyerang alat pernapasan manusia dapat diakibatkan oleh pencemaran udara dan serangan kuman

o Menyebutkan penyakit menyerang alat pernapasan manusia akibat serangan kuman

– Influenza

– Flu burung – Pnemonia

– Tuberkulosis paru-paru

o Memahami gejala penyakit :

– Influenza

– Flu burung – Pnemonia

– Tuberkulosis paru-paru

o Memahami pola hidup sehat untuk meningkatkan kesehatan alat pernapasan

– Makan makanan bergizi

– Berolahraga teratur

– Istirahat teratur – Menjaga kebersihan

– Menjauhi asap rokok

s

(50 menit)

3. Penutup

o Memberikan kesimpulan bahwa pola hidup sehat dapat menjaga kesehatan alat pernapasan.

(5 menit)

4. Pekerjaan Rumaho –

Mengetahui

Kepala Sekolah

( )

Guru Mata Pelajaran

( )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: